Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini. Oleh karenanya, Hari Kemerdekaan adalah tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia. Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74, SMA N 5 Kupang mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan pemahaman peserta didik tentang makna hari kemerdekaan RI.

Adapun kegiatan kegiatan yang dibuat SMANLY untuk memeriahkan kemerdekaan RI yang ke 74 ini adalah lomba rangking1, lomba pidato Bahasa Inggris, lomba cerdas cermat 4 pilar, lomba kebersihan kelas, taman dan pohon literasi, dan futsal, serta basket. Lomba tersebut dimulai tanggal 13 sampai 16 Agustus 2019 berlangsung sangat meriah. Para pemenang lomba tersebut diberikan apresiasi berupa hadiah pada hari upacara kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2019.

Upacara kemerdekaan RI ini sendiri berlangsung dengan lancar dan penuh hikmah dipimpin oleh Wakasek Kesiswaan SMA N 5 Kupang, Yuliana Muda Niron, S.Pd. Selaku pembina upacara yang membacakan pidato kemerdekaan RI oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, beliau menyampaikan pesan penting untuk seluruh warga SMA N 5 Kupang yaitu Menuju Indonesia Maju melalui SDM Unggul.

SMANLY Maju! SMANLY Bisa!

Selamat Ulang Tahun yang ke 74 Indonesiaku!
Merdeka!

Video HUT RI ke 73

Video HUT RI ke 74