Berita

Pencarian

SCIENCE FILM FESTIFAL INDONESIA 2020

Pihak penyelenggara      : Goethe Institut Indonesian

Tema                            : Sustainable Development Goals ( tujauan –tujuan pembangunan berkelanjutan ) 2030

Mandat  edukasi SFF 2020  yang bekerja sama dengan  United Nation Enviroment Program (UNEP ) ,yakni menyebarluaskan berbagai isu dibalik  tujuan –tujuan pembangunan global  melalui penayangan film internasional  bertema sains,teknologi dan lingkungan serta dengan memberi ruang bagi khalayak berpikir kritis,menjelajahi pengetahuan dan membuka peluang bagi masyarakat  untuk bertindak dan berpartisipasi secara langsung .Science Film Festifal  di laksanakan pada 20 Oktober  hingga 6 november 2020 ,dilaksanakan  secara daring  menggunakan platform zoom . Pembukaan Science Film Festifal di GoetheHaus Jakarta,  untuk NTT  mendapat jadwal pelaksanaan 30 Oktober 2020 . diwakili 2 sekolah SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang , SMAN 5 Kupang  dan Tekkomdik .  Kegiatan di mulai jam Jam 10 Pagi waktu setempat  sampai selesai dan SMAN 5 Kupang mendapat kesempatan sesi 2  ( jam 12.00 ) .

Kegiatan bukan bersifat lomba dan SMA Negeri 5  mengirimkan 10 peserta didik untuk mengikuti SFF dengan skenario   kegiatan : sekolah mitra di minta mengirimkan 2 judul film pilihan yang di siapkan SFF  dan 2 ekperimen sederhana  yang terkait dengan film yang di pilih , setelah menonton film   pertama dilanjutkan dengan eksperimen  sederhana  dan mempresentasikan  hasil eksperimen . Presentasi peserta didik   dari SMAN 5 Kupang yang mengikuti kegiatan  berupa  keterkaitan film yang di tonton dengan eksperimen sederhana yang dilakukan , begitupun dengan film kedua berikut eksperimennya.

Adapun film  dipilih dan eksperimen yang dilakukan dari SMAN 5 Kupang  sebagai berikut :

  1. Nine – and - a- half – your Reporter : Precious Water - Where Does our Drinking water come from ?(Sembilan Setengah  - Reporter Anda : Air Yang Berharga : Dari Mana Air Minum Berasal ? )Judul asli : neunneinhalb- Deine Reporter: Kosbares Nass- Woher kommt unser Trinkwasser Sutradara Christian Lob, producer : tvsison Gmbh/WDR dari negara Jerman tahun 2019.
  2. Ekperimen berjudul save the life : Peserta didik membuat  sistem filtering air sederhana  dengan kombinasi bahan  dari arang , batu kerikil dan pasir untuk menyaring air kotor ,kombinasi  3 bahan  tersebut di pakai  sebagai bahan penyaringan untuk mendapatkan air bersih . alat  ekperimen sains dapat di temukan di dalam rumah  berupa botol plastik , kapas dan kain kasa  ,gelas ,karet gelang .
  3. Nine – and - a- half – your Reporter : Corona, Flu and Co – The Long Journey of Viruses : (Sembilan Setengah  - Reporter Anda : Corona , Flu .dkk. Perjalanan Panjang Si Keluarga Virus )Judul asli : neunneinhalb- Deine Reporter : corona Grippe and Co – der Lange Weg derVirenSutradara Diana Pebler, producer : tvsison Gmbh/WDR dari negara Jerman tahun 2020.
  4. Eksperimen : Protect from Covid : Peserta didik menuangkan  air dalam piring  dan di campur sedikit minyak ,  di permukaan campuran  ditaburi  serbuk lada tanpa di aduk  lalu meletakkan ujung jari telunjuk untuk mengamati apa terjadi,  selanjutnya   dengan jari yang berbeda  oleskan sabun di atas jari  lalu masukkan kembali   ujung jari dalam campuran air dan  minyak ,  amati. Bandingkan perbedaannya.